Artikel Batu Mata Kucing
Jual Batu Kecubung Asihan Asli dan Alami. Sarana Pengasihan, Sarana Daya Tarik, Sarana Memikat Wanita dan Sarana Pelet Yang Ampuh

Inilah Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar

Assalamu’alaikum

Hai sahabat aura..

Apa kabar?

Semoga Anda baik dan sehat selalu.

Saya Dewi Aura Pakar Buka Aura

Kali ini saya akan membahas Bagaimana Cara Mengatasi Anak Malas Belajar.

Anak malas belajar merupakan tantangan tersendiri bagi para orangtua. Melihat anak tidak mau mengerjakan PR atau membaca buku pelajaran tentu membuat kita khawatir dengan prestasinya di sekolah.

Namun, sebelum memarahi anak, sebaiknya cari tahu dulu penyebab anak malas belajar. Jangan terburu-buru menyalahkan anak ketika ia malas belajar. Ada berbagai penyebab yang mungkin membuat anak tidak suka belajar.

Dengan mengetahui alasan anak malas belajar, orangtua bisa mendiskusikannya dengan anak dan memotivasi anak agar lebih bersemangat dalam mengerjakan tugas sekolahnya dan memerhatikan guru di sekolah.

Apa saja yang mungkin membuat anak malas belajar?

Baik, Inilah hal-hal yang menyebabkan Anak Malas Belajar:

1. Gaya Belajar yang Tidak Sesuai.

Gaya belajar yang tidak tepat bisa membuat anak malas belajar dan menjadi tidak termotivasi di sekolah. Setiap anak unik dan memiliki cara tersendiri dalam belajar. Mengenali gaya belajar anak bisa membantu anak untuk mengerti pelajarannya dengan lebih baik.

Orangtua perlu peka dalam melihat gaya belajar mana yang paling sesuai untuk anak. Gaya belajar anak secara garis besar terbagi menjadi empat jenis, yaitu visual, auditori, membaca dan menulis, serta kinestetik.

Keempat gaya belajar ini berbeda satu sama lainnya dan membentuk ciri khas anak. Anak dengan gaya belajar visual akan lebih mudah untuk mengerti pelajaran dengan penglihatan, seperti menggunakan gambar, ilustrasi, diagram, video, dan sebagainya.

Sementara anak dengan gaya belajar auditori lebih mudah menangkap informasi melalui suara. Oleh karenanya, anak dengan gaya belajar auditori dapat dengan cepat mengingat pelajaran dari guru yang sedang berbicara.

Anak dengan gaya belajar membaca dan menulis gampang memahami materi pelajaran dalam bentuk tulisan dan ditandai dengan kegemarannya untuk mencatat di buku cetak ataupun catatan.

Anak dengan gaya belajar kinestetik akan cepat menyerap informasi saat dilakukan atau dipadukan dengan hal-hal praktis. Gaya belajar kinestetik membuat anak lebih senang belajar dengan langsung mempraktekkan materi pelajarannya.

Gaya belajar yang tidak tepat membuat anak kesulitan untuk mengerti bahan pelajaran dan membuat anak malas belajar.

2. Lingkungan yang Tidak Mendukung

Lingkungan sekitar anak merupakan salah satu faktor yang sering tidak diperhatikan oleh orangtua. Sebuah riset menemukan lingkungan rumah yang positif, berhubungan dengan prestasi akademik yang baik. Lingkungan rumah yang tidak kondusif, mampu membuat anak malas belajar di rumah.

Begitupun juga dengan lingkungan sekolah, siswa dengan fasilitas sekolah yang mencukupi, serta lingkungan dan guru yang baik, memiliki performa akademik yang lebih baik daripada sekolah yang memiliki sedikit fasilitas dengan lingkungan yang tidak mendukung pembelajaran, serta guru yang tidak memiliki kualifikasi.

Tidak hanya itu, ditemukan juga bahwa sekolah dengan fasilitas yang cukup dan modern mampu meningkatkan pembelajaran anak. Anak malas belajar tidak selalu salah dari anak dan bisa jadi hanya membutuhkan perubahan di lingkungan sekitarnya.

3. Gangguan Dalam / Emosional

Alasan lain dari anak malas belajar mungkin dikarenakan adanya masalah pada emosi anak, seperti rasa cemas yang berlebih atau depresi.

Rasa cemas yang berlebih bisa mengganggu anak dalam mengerjakan tugas, kerja kelompok, ataupun presentasi. Suasana hati sangat berperan dalam konsentrasi, energi, dan motivasi anak. Depresi menurunkan suasana hati anak dan mengganggu performa akademik anak.

Baik sahabat aura, itulah tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan anak malas belajar. Sekian pembahasan kali ini. Selain melakukan tips-tips di atas, Anda juga bisa menggunakan Sarana Batu Mata Kucing ini sebagai usaha pelengkap Anda untuk meningkatkan kecerdasan dan prestasi Anak.

Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi nomor 081-226-888-102.

Terimakasih sudah menyimak artikel ini hingga akhir, semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat untuk Anda. Wassalamu'alaikum.